Kuliah Kedokteran, Hafal 5 Juz, Jalani Uji Publik

KEBANGGAAN ORANG TUA: Dari kiri ke kanan, Fath Arina Fahma (Fakultas Kedokteran Unej); Husna Afifah (Fakultas Kedokteran Gigi Unej); Sukma Aliviyanti R. Putri (Rekam Medik Polije); Arifah Nur Hasanah (Fakultas Kedokteran Unej); dan Fatimah Az Zahrah (Fakultas Kedokteran Gigi Unej), telah diwisuda sebagai penghafal Quran 5 juz mutqin, dalam Wisuda Quran di PPA Ibnu Katsir, Ahad (10/12).

 

WISUDA Quran di Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Jember, Ahad (10/12), tidak hanya mewisuda mahasantri yang telah menempuh pendidikan tahfidz Quran di pesantren itu. Tetapi, Ibka juga mewisuda empat mahasiswi kedokteran dan seorang dari Politeknik Jember (Polije) yang telah menyelesaikan hafalan 5 juz.

Kedokteran hafal Quran 5 juz? Itulah faktanya.

Kelima mahasiswi keren itu adalah Fath Arina Fahma (Fakultas Kedokteran Unej); Husna Afifah (Fakultas Kedokteran Gigi Unej); Sukma Aliviyanti R. Putri (Rekam Medik Polije); Arifah Nur Hasanah (Fakultas Kedokteran Unej); dan Fatimah Az Zahrah (Fakultas Kedokteran Gigi Unej). Kelimanya menyelesaikan hafalan di Rumah Quran Mahasiswi (RQM) Al Ikhlas di bawah manajemen Gerakan Mencintai dan Memuliakan Alquran (Gemma) Ibka.

Sebelum diwisuda, kelima mahasiswi itu juga menjalani uji publik. Proses uji publik dipimpin langsung oleh Mudir PPA Ibka Jember Ustadz Abu Hasan, SPd, Al Hafidz. “Alhmadulillah, mereka berhasil menjalani uji publik dengan baik. Rata-rata nilai yang didapat 85,” ujar Ustadzah Siti Maryatul Kiptiyah, SKom, pengasuh RQM Al Ikhlas.

Kelima mahasiswi itu harus menjalani uji publik untuk bisa mengikuti wisuda Quran. Syarat tersebut sama dengan yang dikenakan kepada para mahasantri Ibka, yakni harus lolos uji publik. “Mereka diuji 5 juz karena sesuai dengan target di RQM. Yakni, setahun hafal 5 juz,” sambung  Ustadzah Kiptiyah.

Kelima mahasiswi itu ternyata menyimpan berbagai kisah inspiratif untuk bisa mengikuti wisuda Quran itu. Bagaimana kisahnya? Tunggu di website ini. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *