(TES RQM): Pengen Jadi Hafidzah dan Punya Lingkungan Baik

SELEKSI: Calon santri Rumah Quran Mahasiswi (RQM) Al Ikhlas tengah menjalani tes, Sabtu (16/12).

 

MANAJEMEN Gerakan Mencintai dan Memuliakan Alquran (Gemma) Ibnu Katsir (Ibka) Sabtu (16/2) melaksanakan seleksi calon santri program RQM Al Ikhlas mulai pukul 08.00. Proses seleksi dilanjutkan pada Ahad (17/12).

Semua pengurus Gemma terlibat dalam proses seleksi yang dilaksanakan di RQM Al Ikhlas di Jalan Danau Toba 7 Blok 5 Nomor 186 Sumbersari, Jember. “Hari ini ada empat orang calon santri yang mengikuti seleksi. Besok (Ahad) ada delapan orang,” kata Ustadzah Siti Maryatul Kiptiyah, pengelola RQM Al Ikhlas.

Usai mengisi daftar hadir, setiap calon santri membayar uang pendaftaran. Lalu, menyerahkan surat izin dari orang tua. “Selanjutnya, mereka harus mengisi angket amalan harian,” sambungnya.

Kemudian, ada sambutan dari pengelola dan calon santri baru. Selanjutnya, mereka menjalani serangkaian tes, yang meliputi psikotes, tes kemampuan baca dan hafalan, wawancara, dan diakhiri dengan pernyataan komitmen bergabung secara lisan.

Dari hasil tes tersebut, kata Ustadzah Kiptiyah, diketahui bahwa sebagian besar calon santri bergabung di RQM karena ingin menjadi penghafal Alquran. Selain itu, ingin mendapatkan lingkungan yang baik. “Misalnya, ada seorang calon santri yang menyatakan bahwa kehidupan di luar yang heterogen akan memberikan banyak pengaruh. Karena itu, diperlukan bekal agama yang kuat,” ungkapnya, mengutip sebagian alasan calon santri yang ingin bergabung di RQM Al Ikhlas. (*)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *