Gandeng Telkom, Belajar Pengelolaan Administrasi Digital

 

TINGKATKAN PELAYANAN: Manajemen Gemma Ibka Jember belajar pengelolaan administrasi digital di kantor Telkom Jember.

 

MANAJEMEN Gerakan Mencintai dan Memuliakan Alquran (Gemma) Ibnu Katsir (Ibka) Jember, Rabu (17/1), belajar pengelolaan administrasi digital. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Gemma dengan Telkom Jember.

Menurut Direktur Gemma Ustadz Ridho Iwananda, timnya belajar langsung ke Telkom dalam pengelolaan administrasi digital. Yakni, dengan memanfaatkan Google Form. “Diharapkan, teknologi ini mempermudah manajemen Gemma dalam mengelola data,” katanya.

Dia menjelaskan, data yang dikelola Gemma selama ini cukup banyak. Santri dan alumni yang pernah belajar di Gemma sudah mencapai ribuan orang. Belum lagi di setiap periode pembelajaran ada ratusan santri yang aktif.

Untuk mengontrol semua proses itu, kata dia, banyak data yang mesti dikelola. Seperti, data kehadiran, nilai, evaluasi, keuangan, dan sebagainya. “Dengan teknologi digital, semua akan lebih mudah dikelola. Misalnya, setelah evaluasi. Semua asatidz bisa langsung input data secara digital, lalu terkoneksi secara online, nilai bisa diolah, lalu bisa disajikan dalam bentuk laporan,” terangnya.

Ustadz Ridho berharap, ke depan pengelolaan data di Gemma bisa semakin baik. Apalagi, pihaknya berharap semua administrasi Gemma bisa full digital dan paperless atau tanpa kertas. (*)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *